Membangun Server Multimedia dengan Plex Media Center

Membuat sebuah media server untuk hiburan. Sekarang bukah hal sulit lagi, dengan bermodal 2 unit pc atau laptop, anda dapat menikmatinya multimedia local streaming. hal pertama yang anda harus lakukan adalah 2 unit perngakat komputer berada dalam 1 jaringan koneksi. Di turtorial ini penulis menggunakan jaringan berbasis kabel ( LAN ). Di tutorial ini menggunakan simbol penanda komputer 1 sebagai media server ( Plex Media Server ) dan komputer 2 sebagai Clinet ( Plex Media Center ).

1. Langkah pertama anda harus  menginstal plex media server di komputer satu ( Server ).  lakukan penginstalan seperti biasa., Pada komputer server Penulis menggunakan IP address 192.168.0.20 . fungsi IP address, sebagai alat penghubung proses streming video secara local area. IP address tidak harus sama bisa anda ubah sesuai dengan jaringan yang digunakan.

clip_image002
2.  Setelah penginstalan, telah selesai.  anda akan melihat icon plex media server di menu taskbar sebelah kanan.

clip_image004

3.  klik kanan pada icon plex media center dan pilih start Plex media server

clip_image006

4. klik media manager, untuk melakukan konfigurasi media ( Movies, Photo, Music ) yang akan di simpan di dalam server. Secara otomatis anda akan aplikasi Plex Media Server membuka browser. Penulis sarankan browser yang digunakan adalah Google Chrome, sesui rekomendasi website resmi plex media center.

clip_image008

5. Setelah menu interface plex media server muncul, lakukan penyetingan pemasukan file media , dalam tutorial penulis memasukan file video terlebih dahulu. Cara penyetingannya, klik menu movies. Klik tombol menu Add.

clip_image010

6. Klik add, pada saat anda mengklik tombol tersebut, anda di minta untuk memilih directory drive serta folder yang suda berisi kumpulan koleksi movies yang anda punya. Di tutorial penulis memilih folder Anime. Setelah itu klik selected folder.

clip_image012

7. Secara otomatis plex media mendeteksi berbagai files video format. Berikut hasilnya scan media flex media pada folder video yang penulis masukan . secara otomatis cover dan sinopsis video akan terisi.

clip_image014

8. Proses memasukan video sudah berhasil, saatnya anda menginstal Plex media center di komputer 2 sebagai alat player media atau client.

clip_image016

9. pada saat anda membuka aplikasi plex media center pertama kali, akan muncul menu window security alert, centang private public network dan klik tombol allow access.

clip_image018

10. Dilangkah ini saatnya anda melakukan proses penyetingan untuk menghubungkan komputer 2 ( client ) ke komputer 1 ( server ). Pilih menu preferences, lalu pilih network, pilih manual specify server. masukan ip address komputer server. di langkah awal penulis menjelaskan ip server menggunakan ip 192.168.0.20 .

clip_image020

11. Setelah anda memasukan ip addres server , langkah selanjutnya adalah , proses scaning media directory. Kembali lagi ke menu awal,dengan menekan tombol backspace pada keyboard . Pilih menu Chanel Direcotry. Proses scaning membutuhkan waktu cukup lama. Sekitar 10-15 menit.

clip_image022

12. Pada saat proses scaning telah selesai, anda akan melihat beberapa menu tambahan seperti Video, Home Video , Music chanel, Photos dll. berikut gambar beberpa koleksi video animasi yang sebelumnya telah dimasukan ke media server.

clip_image024

13. Untuk mejalankan film pada media center anda cukup memilih video pada movie manager, lalu tekan tombol enter pada keyboard.

clip_image026

14. Dan untuk menjalakan media music anda dapat memlih music chanel di menu utama plex media center.

clip_image028

15. Selamat mencoba. Penulis merekomedasikan untuk media center gunakan perngakat dengan spesipikasi cukup , minimal proses core 2 Duo dan ram 2 GB. Agar proses melakukan load directory lebih cepat.

clip_image030

Download Plex- Media Server  Disini

Download Plex- Media Center Disini

Sumber:  http://blognadei.com/tutorial/membangun-server-multimedia-dengan-plex-media-center/

Tulisan ini dipublikasikan di Tidak Dikategorikan. Tandai permalink.

2 responses to “Membangun Server Multimedia dengan Plex Media Center

  1. Ping balik: ernajulia05

Tinggalkan komentar