Mengapa cooling pad dibutuhkan oleh sebuah laptop ?

Cooling Pad adalah sebuah alat untuk menjaga suhu laptop tetap dingin. Biasanya cooler pad ini mengandalkan fan / kipas yang meniupkan udara segar di bagian bawah dan body luar sebuah notebook. Hembusan angin segar dari kipas ini difungsikan sebagai pendingin di sekitar laptop sehingga laptop dapat bekerja pada suhu lebih rendah.

Biasanya alasannya karena ketidaknyamanan tangan akibat panas yang dihasilkan oleh laptop.
Sumber panas terbesar pada laptop adalah processor-nya (otak komputer). Laptop sudah memiliki fitur untuk mendinginkan dirinya sendiri. Teknologi yang digunakan antara lain :
Pendinginan dengan teknologi stepping speed processor, yaitu sebuah teknologi yang menurunan kinerja komputer untuk menghemat daya, dan meminimalkan suhu. Mungkin beberapa pengguna laptop sudah mengenal istilah sleep, idle, atau full load. Beberapa laptop memiliki software khusus untuk menurunkan kecepatan processor.

Pendinginan dengan cooler heatsink (lempengan alumunium di atas processor) yang dibuat mini dan ditanamkan pada bagian dalam notebook. Heatsink ini adalah cara pertama pendinginan di luar processor, sampai ambang panas tertentu (misal 50 derajat celcius). Jika suhu telah diluar ambang batas (misalnya suhu 51 derajat celcius dari maksimal 100 derajat celcius), maka sebuah sensor suhu akan mengaktifkan kipas / fan pendingin.
Pendinginan dengan kipas (Fan), yang pada laptop hanya bekerja misalnya ketika panas mencapai suhu tertentu (misal 50 celcius). Sensor akan mengaktifkan fan untuk menurunkan processor sampai titik balik suhu (dalam kasus ini kembali ke 50 C), dan fan akan mati untuk menghemat baterai notebook.

Walaupun processor dirancang untuk dapat bekerja pada suhu tinggi, namun panas yang dihasilkan processor ini merambat dari sisi processor ke seluruh sirkuit board di dalam laptop . Dan dampaknya akan menambah panas pada bagian lain seperti chipset dan memory.

Lalu bagaimana mendinginkan laptop / notebook agar tetap terjaga sehingga tidak terjadi overheating ? atau agar sebuah laptop / notebook dapat bekerja lebih lama dengan suhu lebih rendah ? Melihat dari struktur laptop sangat sulit menempatkan pendingin tambahan. Selain bentuknya yang kecil dan sudah padat komponen, ruang sempit di dalam laptop malah membuat suhu panas processor cepat sekali menyebar dan memberikan panas ke bagian lainnya.

Iklan

3 responses to “Mengapa cooling pad dibutuhkan oleh sebuah laptop ?

  1. Ping balik: Mengapa cooling pad dibutuhkan oleh sebuah laptop ? | furryramdhanie

  2. Ping balik: Mengapa cooling pad dibutuhkan oleh sebuah laptop ? Posted on 11 Juni 2012 by aseprochman « nunungnoey

  3. Ping balik: Mengapa cooling pad dibutuhkan oleh sebuah laptop ? | fauzieprince

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s