Hapus file sampah

Sampah komputer yang menumpuk dapat menghambat kinerja komputer dan membuat hardisk membengkak. Sampah komputer dapat terdiri dari file-file temporary atau file sementara yang digunakan dalam instalasi, ekstraksi file, prefetch, log, cache browser atau bahkan file yang sengaja dibuang. Beberapa langkah menghapus file sampah komputer tanpa software sebagai berikut :

1. Menghapus file-file Temporary

Temporary file adalah file sementara yang disimpan windows karena sebelumnya digunakan untuk instalasi program, extract rar zip 7z atau file archiver lainnya. Jika kita membuka file rar atau zip secara langsung maka file tersebut akan diekstrak secara otomatis pada folder temp. Windows secara default tidak menghapus file-file ini maka lama kelamaan file ini akan membengkak dan menyita space hardisk. Untuk menghapus file temp ini sangat mudah, cukup jalankan Run (tekan tombol Win + R) ketik %temp% » folder temp akan otomatis terbuka, setelah itu tinggal hapus semua file yang ada di sana. Jika ada sebagian file tidak mau terhapus maka biarkan saja, kemungkinan file itu masih terpakai oleh Windows.

2. Menghapus file di folder Prefetch.
Prefetch juga sama halnya seperti temporary file, hanya sifatnya prefetch digunakan untuk fetching file yang sering diakses windows. Untuk menghapus prefetch ini sama saja dengan cara di atas hanya perintahnya saja yang beda. Buka Run (tekan tombol Windows + R) ketik Prefetch dan hapus semua file yang ada di folder prefetch

3. Menghapus file di folder Recycle Bin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s